Selasa, 17 Februari 2009

GENE KRUPA


Gene Krupa (15 Januari 1909 - 16 Oktober 1973) adalah seorang berpengaruh Amerika jazz dan big band drum dan komposer, dia sangat dikenal energik dan cemerlang gaya.

Krupa lahir Eugene Bertram Krupa ke Polandia orangtua di Chicago, Illinois. He began playing professionally in the mid 1920s with bands in Wisconsin . Dia mulai bermain profesional di pertengahan tahun 1920-an dengan band di Wisconsin. He broke into the Chicago scene in 1927, when he was picked by MCA to become a member of " Thelma Terry and Her Playboys", the first notable American Jazz band (outside of all-girl bands) to be led by a female musician. He broke into the scene Chicago pada tahun 1927, ketika ia dijemput oleh MCA menjadi anggota "Thelma Terry dan Her Playboys", pertama Amerika terkemuka Jazz band (di luar semua gadis-band) yang akan dipimpin oleh seorang perempuan musisi. The Playboys were the house band at The Golden Pumpkin nightclub in Chicago and also toured extensively throughout the eastern and central United States. Playboys yang merupakan rumah di band The Golden Pumpkin klub malam di Chicago dan juga tur ke mana-mana di seluruh bagian timur dan tengah Amerika Serikat.

Krupa made his first recordings in 1927, with a band under the leadership of banjoist Eddie Condon and "fixer" (and sometime singer, who did not appear on the records), Red McKenzie : along with other recordings beginning in 1924 by musicians known in the "Chicago" scene such as Bix Beiderbecke , these sides are examples of "Chicago Style" jazz. Krupa membuat rekaman yang pertama pada tahun 1927, dengan band di bawah kepemimpinan banjoist Eddie Condon dan "tukang suap" (dan kadang-kadang singer, yang tidak muncul pada catatan), Red McKenzie: bersama dengan rekaman yang dimulai pada 1924 oleh musisi dikenal di the "Chicago" pemandangan seperti Bix Beiderbecke, pihak ini adalah contoh dari "Chicago Gaya" jazz. The numbers recorded at that session were: "China Boy", "Sugar", "Nobody's Sweetheart" and "Liza". Angka-angka yang tercatat pada sesi adalah: "Cina Boy", "Gula", "Nobody's Sweetheart" dan "Liza". The McKenzie - Condon sides are also notable for being the first records to feature a full drum kit. The McKenzie - Condon pihak juga penting untuk menjadi yang pertama untuk catatan fitur penuh drum kit. Eddie Condon describes what happened in the Okeh Records studio on that day (in 'We Called It Music' - pub: Peter Davis, 1948): This is not true: Baby Dodds recorded with a full drum kit with Jelly Roll Moton earlier in 1927, eg, Billy Goat Stomp. Eddie Condon menjelaskan apa yang terjadi di Okeh Records studio pada hari itu (dalam "Kami Penyalahgunaan Musik Called '- pub: Peter Davis, 1948): This is not true: Baby Dodds direkam dengan penuh drum kit dengan Jelly Ranjang Moton sebelumnya pada tahun 1927 , misalnya, Billy Goat Stomp. He also used a full Kit on the Johnny Dodds Blackbottom Stompers session. Dia juga digunakan penuh Kit pada Johnny Dodds Blackbottom Stompers sesi.

Krupa juga muncul di enam rekaman yang dibuat oleh Thelma Terry in 1928. [1].

Krupa studied with Sanford A. Moeller . Krupa belajar dengan Sanford A. Moeller.

In 1929, he was part of the Mound City Blue Blowers sessions, that also included Red McKenzie, Glenn Miller, and Coleman Hawkins, which produced "Hello Lola" and "One Hour", which Krupa was credited with co-writing. Pada 1929, dia merupakan bagian dari Mound City Blue Blowers sesi, yang juga termasuk Red McKenzie, Glenn Miller, dan Coleman Hawkins, yang diproduksi "Halo Lola" dan "Satu Jam", yang telah dikreditkan Krupa dengan co-menulis.

In 1929 he moved to New York City and worked with the band of Red Nichols . Pada 1929 ia pindah ke New York City dan bekerja sama dengan band dari Red Nichols. In 1934 he joined Benny Goodman 's band, where his featured drum work — especially on the hit "Sing, Sing, Sing" — made him a national celebrity . Pada tahun 1934 ia bergabung dengan Benny Goodman 's band, di mana dia bekerja fitur drum - terutama pada hit "Sing, Sing, Sing" - dibuat dia nasional selebriti. In 1938, after a public fight with Goodman at the Earl Theater in Philadelphia, he left Goodman to launch his own band and had several hits with singer Anita O'Day and trumpeter Roy Eldridge . Pada tahun 1938, setelah berjuang dengan publik Goodman di Earl Theater di Philadelphia, dia kiri untuk memulai Goodman band sendiri dan memiliki beberapa hits dengan singer Anita O'Day dan terompet Roy Eldridge.

In 1939, Gene Krupa and his Orchestra appeared in the Paramount movie Some Like It Hot, which starred Bob Hope, performing the title song, "Blue Rhythm Fantasy", and "The Lady's in Love with You". Dalam 1939, Gene Krupa dan Orchestra muncul di film Paramount Beberapa Like It Hot, yang bintang Bob Hope, melakukan judul lagu, "Blue Rhythm Fantasi", dan "The Lady's in Love dengan Anda". Krupa made a memorable cameo appearance in the 1941 film Ball of Fire , in which he and his band performed an extended version of the hit "Drum Boogie", which he composed with trumpeter Roy Eldridge. Krupa membuat tampilan batu kenangan di 1941 film Ball of Fire, di mana ia dan band-nya yang dilakukan perluasan versi klik "Drum Boogie", yang terdiri dia dengan terompet Roy Eldridge.

Gene Krupa Drive in Yonkers , NY Gene Krupa Drive di Yonkers, NY

In 1943, Krupa was arrested for possession of marijuana and was given a 3 month jail sentence. [2] After his release, Krupa reorganized his band with a big string section, featuring Charlie Ventura on sax. Dalam 1943, Krupa telah ditangkap untuk kepemilikan ganja dan diberi hukuman penjara 3 bulan. [2] Setelah itu lepaskan, Krupa reorganized band-nya dengan string bagian besar, dengan Charlie Ventura pada saksofon. It was one of the largest dance bands of the era, sometimes containing up to forty musicians. Itu salah satu yang terbesar adalah tari band dari era, kadang-kadang berisi hingga empat puluh musisi. He gradually cut down the size of the band in the late 1940s, and from 1951 on led a trio or quartet, often featuring the multi-instrumentalist Eddie Shu on tenor sax, clarinet and harmonica. Dia bertahap mengurangi ukuran band pada akhir tahun 1940-an, dan dari pada 1951 yang dipimpin trio atau kuartet, sering dengan multi-pemain Eddie Shu di tuju saksofon, klarinet dan harmonika mulut. He appeared regularly with the Jazz At the Philharmonic shows. Dia muncul secara teratur dengan Jazz Di Philharmonic menunjukkan. The 1946 film The Best Years Of Our Lives features Gene in a short cameo. The 1946 film The Best Years Of Our Lives fitur Gene di singkat batu.

In 1954, Gene Krupa appeared as himself, along with Louis Armstrong , in the Universal International movie The Glenn Miller Story , which starred James Stewart , June Allyson and Harry Morgan , performing "Basin Street Blues". Dalam 1954, Gene Krupa muncul sebagai dirinya sendiri, bersama dengan Louis Armstrong, di Universal International film The Glenn Miller Story, yang bintang James Stewart, Juni Allyson dan Harry Morgan, melakukan "Basin Street Blues".

In 1959, the movie biography The Gene Krupa Story was released, starring Sal Mineo as Gene Krupa with a cameo appearance by Red Nichols. Tahun 1959, film biografi The Gene Krupa Story dirilis, bintangi Sal Mineo sebagai Gene Krupa dengan munculnya batu oleh Red Nichols.


Dia terus melakukan bahkan di tahun 1960-an terkenal di klub seperti Metropole di dekat Times Square di New York, sering bermain dengan duets African American drummer Cozy Cole. Krupa retired in the late 1960s, although he occasionally played in public in the early 1970s until shortly before his death from leukemia and heart failure in Yonkers, New York at age sixty-four. Krupa pensiun pada akhir tahun 1960-an, walaupun dia kadang-kadang bermain di depan publik pada awal tahun 1970-an sampai sesaat sebelum kematiannya dari leukemia dan jantung di Yonkers, New York pada usia enam puluh empat. He was buried in Holy Cross Cemetery in Calumet City, Illinois . Dia dimakamkan di Holy Cross Cemetery di Calumet City, Illinois.

from : wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Gene_Krupa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar